INSANIA Kembali Ke Studio Mengerjakan Album Keenam Mereka

Setelah menandatangani kerjasama dengan label Italia, Frontiers Music Srl pada tahun 2020, band power metal dari Swedia, INSANIA, kemudian merilis album kelima meraka “V (Praeparatus Supervivet)” pada 12 November 2021 yang juga merupakan sebagai tanda “comeback”-mereka di kancah musik dunia setelah 14 tahun absen dan mereka merasa bersemangat dan penuh inspirasi. Album baru yang kuat penuh dengan lagu-lagu cepat dan membankitkan dalam gaya power metal klasik Eropa dengan drum double-bass, reff yang hebat, dan solo yang luar biasa.

Dua tahun sudah berlalu, kini mereka kembali ke studio dan mengerjakan materi lagu untuk album baru keenam mereka, rekaman drums sedang berlangsung dengan Ola Halén (vokal) menangani tata suara dan sebagai produser sekaligus.

Gitaris Niklas Dahlin memberi gambaran tentang album keenam:
“Saya baru saja “mendengarkan” album INSANIA yang akan datang. Ya ampun!!! (seperti kata anak-anak), kedengarannya sangat mematikan. Ini bisa menjadi album terbaik kami yang pernah dibuat (menurut pendapat saya sendiri). Tidak sabar untuk membaginya dengan Anda semua!”

Drummer Mikko Korsbäck mengatakan:
“Kami telah mulai merekam drums hari ini, dan bersama itu, babak baru dimulai hari ini – sejarah baru akan ditulis. Setnya sedikit berbeda, tapi perasaannya sama.”

INSANIA dibentuk pada tahun 1992 oleh pemain drum Mikko Korsbäck dan pemain gitar Henrik Juhano. Pemain bass Tomas Stolt masuk ke lineup tidak lama setelah itu dan beberapa musisi lain juga menjadi bagian dari band untuk jangka waktu yang singkat. Band ini awalnya mulai memainkan cover dari band favorit mereka seperti HELLOWEEN dan IRON MAIDEN, tapi akhirnya teman sekelas Mikko, Niklas Dahlin bergabung sebagai pemain gitar kedua dan mereka mulai menulis lagu mereka sendiri. Band ini kemudian menambahkan pemain keyboard Patrik Västilä dan mulai menggunakan gaya yang lebih melodis. Mikko mengambil keputusan sendiri untuk bernyanyi, meskipun dia bermain drum pada saat yang sama, karena band ini belum menemukan vokalis yang sesuai dengan ambisi mereka.

Pada tahun 1997, band ini mendekati penyanyi David Henriksson untuk bergabung dengan band. Perpaduan antara ambisi band dan vokal David sungguh serasi. Band ini merasa lengkap sekarang dan berusaha menemukan cara untuk menjangkau lebih banyak penonton. Kemudian, band ini ditawari kesepakatan dengan House of Kicks (kemudian dikenal sebagai MNW dan kemudian Sound Pollution) dan album debut mereka “World of Ice” dirilis pada tahun 1999. Band ini kemudian merilis tiga album lagi “Sunrise in Riverland” (2001), “Fantasy (A New Dimension)” (2003), “Agony (Gift of Life)” (2007) selama periode tersebut mengalami beberapa perubahan susunan pemain dan akhirnya jeda pada tahun 2007.

Kini band ini telah melakukan reformasi dan siap membawa gaya power metal mereka kembali ke para metalhead di seluruh dunia!

LINE-UP:
Ola Halén – Vokal 
Dimitri Keiski – Vokal
Peter Östros – Guitar
Niklas Dahlin – Guitar & Keyboard Aransemen
Mikko Korsbäck – Drums & Keyboards
Tomas Stolt – Bass 

Homepage: https://insania.nu/
Facebook: https://www.facebook.com/InsaniaStockholmOfficial/
Youtube: https://www.youtube.com/user/InsaniaOffical