Oblivium Regnum – Zrádce (2023)

Setelah CD mendarat di rumah, saya tidak sabar untuk segera mendengarkan mini album dari band melodik death metal OBLIVIUM REGNUM yang asal Republik Ceko ini. EP yang dirilis pada 1 Februari 2023 ini berjudul “Zrádce” dan berisi 4 lagu.

OBLIVIUM REGNUM dibentuk pada pertengahan tahun 2017, ketika penggagas proyek Michal (bass, ex- DEPRESSIVE REALITY) dan Tomáš (vokal, ex- DEPRESSIVE REALITY) menghubungi teman lama mereka Luboš (gitar, ex-STIGMA dan DEPRESSIVE REALITY), Slávka (drum, THE RAYS OF THE SUN, ex- DEPRESSIVE REALITY) dan Ervína (gitar, THE RAYS OF THE SUN, ex- DEPRESSIVE REALITY) dan bersama-sama mereka mulai membuat lagu pertama yang direkam pada MCD yang dirilis saat ini “Zrádce “.

Secara musikal, proyek ini mengusung klasik dan melodi death metal dengan pengaruh kuat dari elemen doom metal dan heavy metal klasik. Sedangkan isi lirik dari lagu-lagu mereka diambil dari periode sejarah pemerintahan pangeran dan raja Přemysl, yang mungkin adalah periode paling terkenal dalam sejarah Ceko.

Sebagai pembuka, lagu pertama berjudul “Břetislav a Jitka” dan langsung di awali dengan nuansa yang gelap dengan memasukkan elemen paduan suara gereja, dengan perpaduan musik death metal dengan nuansa musik doom metal, hal ini diperkuat dengan masuknya suara penyanyi wanita dalam lagu ini. Vokal growl yang bertenaga dan rhythm gitar yang ringan dan di beberapa momen mereka memasukkan melodi-melodi gitar yang indah. Besutan gitar yang melodik di bagian solo memberi aroma karakter musik melodik metal.

Berlanjut ke lagu kedua “Zrádce” dan masih dengan aroma yang gelap namun lagu kedua ini terasa lebih thrashy dengan rhythm gitar heavy metal klasik yang kuat, dilengkapi dengan solo gitar yang cepat dan sarat dengan melodi-melodi yang indah. Kemudian lagu “Homburg”, dalam lagu ini tempo sedikit naik dan lagu lebih terasa karakter murni musik melodik death metal. Dengan rhythm gitar yang lebih padat dan gebukan drums tiada henti, melodi-melodi gitar di sematkan di bagian solo dan momen-momen refrain.

Lagu keempat, yang juga merupakan lagu penutup berjudul “Poslední bitva”, dalam lagu ini tempo kembali turun dan musik cenderung lebih gelap namun lebih operatik dan melankolis, geberan gitar mewarnai rhythm yang berat namun terasa melodik dan mudah di cerna telinga, sesekali dalam beberapa momen lagu, mereka memasukkan melodi-melodi gitar yang membuat lagu ini terasa lebih santai.

Secara keseluruhan, sebagai sebuah debut EP, album ini cukup menyenangkan untuk dinikmati, perpaduan musik melodik death metal, doom metal dan heavy metal klasik yang mereka usung dan di balut dengan cerita epik sejarah dalam pemerintahan sang pangeran membuat album ini cukup memiliki elemen yang lengkap. Di sisi produksi dan kualitas suara, saya rasa mereka masih harus melakukan hal yang lebih dari apa yang mereka lakukan dalam EP ini.

LINE UP:
Michal – Bass
Slávek – Drum
Ervín – Gitar
Luboš – Gitar
Tom – Vokal

TRACKLIST:
1.         Břetislav a Jitka
2.         Zrádce
3.         Homburg          
4.         Poslední bitva

SKOR:
Musik: 7
Produksi: 7

Bandzone: http://bandzone.cz/obliviumregnum
Facebook: http://www.facebook.com/people/Oblivium-Regnum/100063691537748/